Persiapan untuk Asia Pacific Urban Youth Assembly (APUF-6)

15.36

Tanggal 17 september kemaren dapat email dari panitia Pre Event Asia Pacific Urban Youth Assembly(APUF-6). 

Alhamdulilah lolos seleksi!

Dalam event ini dipilih 150 mahasiswa Indonesia(yang kuliah didalam negeri maupun di luar negeri) dan 150 mahasiswa se Asia Pasifik. Seperti biasa untuk tahap sebelumnya, seleksi ini dilakukan dengan berbagai macam unsur yaitu 3 buah Essay(Experience, Motivation Letter, dan Next Plan), dan pengalaman organisasi.

Dalam pre Event ini dilaksanakan pada tanggal 21-22 September 2015 di Hotel Sahid Jaya, Sudirman, Jakarta. Tetapi pada tanggal 18 September ada panitia yang menelponku jam setengah 11 pagi (setting berada di dalam kelas Komunikasi Bisnis dan Teknis) memberitahukan bahwa kami diharuskan untuk datang pada tanggal 20 September pukul 14.00 untuk Check in hotel. Yaa seperti biasa ngerjain tugas langsung ngebut(bagus sih! daripada ditunda sampai deadline!). Dan dipastikan menginap sampe tanggal 22, semoga gak ada tugas yah!

Semuanya ditanggung mulai dari tiket pulang pergi(bagi yang domisili diluar Jabodetabek), akomodasi, dan makan. So don't worry for not going to be hard getting appropriate food. Bahkan kita diberikan kesempatan untuk memilih tipe makanan karena ada yang alergi terhadap sesuatu, atau mungkin mereka yang Veggie. This is an International event, man! So the standard has already been controlled even just a daily consumption.

Di Pre-Event kami hanya diberikan pembekalan untuk nanti saat event berlangsung. Event tersebut dilaksanakan pada 17-18 Oktober sebagai acara puncak. Dan santer-santer bahwa main event dilakukan di Shangri la hotel, Jakarta. 

Sedikit bocoran dalam essay aku mengangkat issue mengenai masyarakat urban kota Solo yang sangat dekat dengan pemimpinnya. Disitu aku berperan serta di dalam sebuah organisasi yang terbentuk atas kesamaan daerah asal kami yaitu Solo raya(Subosukowonosraten) yang aktif dan peduli terhadap tata pengelolaan kota Solo. Lalu aku menjelaskan beberapa event yang kami selenggarakan dalam berkontribusi dalam bidang tata kelola kota Solo.



Apa sih Asia Pacific Urban Youth Assembly? http://apufy2015.uya.or.id/

Dilansir dari website resmi nya sebagai berikut:

As an official side event of the 6th Asia-Pacific Urban Forum (APUF-6) in Jakarta, Indonesia, the Asia-Pacific Urban Youth Assembly at APUF-6 (APUFY) provides a regional platform for Asia-Pacific’s youth to articulate urban issues and solutions impacting their lives and communities. As the first gathering of diverse organizations and groups representing youth in discussions of urban agenda at the regional level, APUFY offers a step towards strengthening constructive partnership with youth as key stakeholder in issues facing Asia-Pacific cities.

Intinya adalah Program ini dilakukan dengan cara mengumpulkan pemuda se Asia-Pasifik untuk dapat lebih peka terhadap isu-isu lingkungan perkotaan serta bersama-sama mencari solusi yang berdampak terhadap lingkungan serta organisasi kami. Selain itu, setiap dari kami mewakili diskusi agenda-agenda perkotaan di setiap wilayah yang kami tinggali. Dengan pengalaman serta kemampuan kami, kami dituntut untuk bisa menyerap solusi yang sudah berhasil di terapkan pada setiap tempat tinggal kami serta membagikan pengalaman kami agar berdampak baik bagi tempat tinggal orang lain. Selain itu kami membangun relasi antar negara sebagai perwujudan adanya kerjasama yang terjalin harmonis antar negara di wilayah Asia Pasifik.

Acara ini digelar oleh kolaborasi antara UN HABITAT dan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia.

Sepertinya bakalan seru!

Surprisingly, karena semua participant yang terpilih di publish nama dan institusinya, aku langsung mencari anak-anak UI pastinya. Ternyata, mereka yang terpilih adalah beberapa teman yang aku kenal yang aktif di Model United Nations maupun English Debating Society dan sudah bolak-balik keluar negeri untuk ikutan lomba, conference, summer school, dll. Pastinya aku sudah tahu kemampuan mereka :') . 


Minder?


Bisa jadi. Aku tahu betul kemampuan mereka, tahu betul prestasi mereka. Udah sering sih memperebutkan kursi buat ke luar negeri dengan mereka, berkompetisi dengan mereka di UI. I know them for sure! Tapi bisa jadi kita bakal satu team, siapa tahu. 

But, I need to release all fears to convince my self that I deserve to get this! 
I confidence with all those things. Just make a friend of situation you get!

What I know was just an International environment. I was getting addicted about making a relationship with foreigner. I was really excited to know that the shortlists were the ones who experienced in so many and various fields with strong character. Can't wait!!!


15:37, 20 September 2015.
Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta.

You Might Also Like

0 komentar